Jam Belajar di Sekolah Ditambah, Sekolah Menjadi Seharian Penuh Sedang Dibahas Mendikbud, Kamu Setuju Nggak ?


setuju nggak ya sekolah seharian penuh via Instagram idolasma

Jam belajar di sekolah akan ditambah menjadi seharian penuh, ide atau gagasan tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy seperti dilansir dari Detik (8/8/2016).  Alasan jam belajar di sekolah ditambah seharian penuh atau full day school yakni agar pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki waktu untuk mendapat pendidikan karakter selain pendidikan dasar yang telah dipelajari di jam belajar biasanya.

Mendikbud juga memiliki visi agar dengan program full day school ini bisa menghindarkan pelajar SD dan SMP dari penyimpangan yang berpotensi terjadi di luar jam sekolah. Mendikbud Muhadjir Effendy menambahkan, ketika seorang anak pulang sekolah jam 1 siang, banyak orang tua yang masih bekerja hingga selesai kerja jam 5 sore. Waktu antara jam 1 siang sampai jam 5 sore ini diduga rentan adanya penyimpangan – penyimpangan karena kurangnya atau tidak adanya pengawasan dari orang tua.

Gagasan inipun telah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Nantinya sekolah seharian penuh ini tidak hanya di dalam kelas, tapi juga bisa dilakukan di luar kelas. Tentunya belum semua sekolah sudah bisa menerapkan sistem full day school ini. Maka dari itu, Jusuf Kalla menyarankan agar diterapkan di beberapa sekolah dulu, sebagai percontohan.

jam belajar sekolah ditambah kasian anak sd via liputan 6

Menurut kamu penting nggak sih jam belajar di sekolah ditambah menjadi seharian penuh ? Atau dengan kata lain, kamu setuju nggak kalau sekarang sekolah seharian penuh sampai jam 5 sore ?
Wah padahal sekolah sampai jam 1 jam 2 saja kadang sudah pengen buru – buru cabut ya ? Ini masih harus pulang jam 5. Masih harus catat mencatat pelajaran, padahal udah capek, udah ngantuk, udah laper, ujung – ujungnya catatannya berantakan kayak ceker ayam, sampai rumah tulisannya nggak kebaca, nggak bisa dipakai belajar, nggak bisa belajar jadi nggak bisa ngerjain ujian, nggak bisa ngerjain ujian akhirnya nggak lulus sekolah, waduh janganlah ya !

Hmm, sebenarnya bagus sih tujuannya, yaitu agar para pelajar, khususnya adik – adik yang masih SD sama SMP jadi terhindar dari warnet dan game online. Eh tapi kan di warnet juga bisa belajar ya ? Belajar membuat video tutorial game di YouTube (game lagi ujung-ujungnya).

Jumlah atau kuantitas waktu belajar di sekolah juga sepertinya tidak menjamin seorang pelajar bisa menyerap semua pelajaran, baik itu pelajaran atau pendidikan dasar maupun pendidikan karakter seperti yang menjadi tujuan dari rencana sekolah seharian penuh ini. Ya walaupun ada maksud lain, seperti agar para pelajar tetap sibuk dengan kegiatan yang positif.

jam belajar sekolah nambah ekskul via Instagram idolasma

Jadi nggak ya ini diterapin, jadi..nggak..jadi..nggak..jadi..


Ya udah sambil nunggu keputusan jadinya gimana, mending baca - baca artikel lainnya kuy !


Sutradara Suicide Squad Mengatakan “F**k Marvel” di Premiere Suicide Squad

Instagram Ariel Tatum dan Instagram Cewek-Cewek Cantik Ini Sering Kena Komentar Spam Online Shop

10 Profesi dan Jenis Pekerjaan Ini Akan Sangat Merugikan Jika Prinsip Kerjanya Dibalik




loading...

Artikel Terkait

Jam Belajar di Sekolah Ditambah, Sekolah Menjadi Seharian Penuh Sedang Dibahas Mendikbud, Kamu Setuju Nggak ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel