Bayangkan Kalau Guru Ini Adalah Orang Tua Kamu, Apa yang Akan Kamu Lakukan Pada Siswa yang Kurang Ajar Dalam Foto Ini ?



Murid SMA angkat kaki di meja yang sedang dipakai gurunya untuk mengajar ini sedang menjadi trending topik dan fotonya viral di berbagai media sosial Facebook, Twitter dan Instagram. 

Sejatinya, guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik atau siswa.

Dalam kurun waktu beberapa hari ini banyak sekali pemberitaan kasus yang terjadi antara murid dan pengajar. Banyak guru atau pengajar yang dilaporkan ke pihak berwajib setelah dianggap menyakiti muridnya.

Kasus tersebut sempat membuat prihatin banyak pihak. Banyak pro dan kontra, di satu sisi ada yang menganggap bahwa guru memang harus tegas dan wajar jika harus menegur siswanya yang tidak sopan atau tidak mau menuruti perintah gurunya. Tapi di sisi lain ada yang menyalahkan gurunya, karena mereka tidak ingin profesi guru disalahgunakan dengan semena-mena menghukum murid. Beberapa orang tua juga tidak suka jika anaknya dihukum gurunya (walaupun anaknya sendiri yang salah). Bahkan tak jarang orang tua murid justru membalas secara fisik pada guru dan tak sedikit pula yang menempuh jalur hukum dengan melaporkan "ketegasan" seorang guru ke polisi. 

Tetapi foto yang sedang tersebar viral di media sosial Facebook dan Instagram ini berbeda. Kali ini justru tersebar sejumlah foto-foto pelajar SMA yang terlihat berpose sangat tidak sopan ketika sedang duduk di samping gurunya.

Terdapat tiga foto yang menjadi trending topik di media sosial, baik Facebook, Twitter ataupun Instagram. 

Foto murid tidak sopan 1
Foto yang pertama menunjukkan, murid laki-laki yang mengenakan kacamata berpose sambil merangkul gurunya. Meski banyak yang menganggap foto pertama ini masih biasa, tapi tak sedikit juga yang menilainya tetap tidak etis.

Foto murid tidak sopan 2
Untuk foto yang kedua, pelajar SMA ini mulai berpose tidak sopan sebab dia menaikkan kaki kanannya di atas meja sementara gurunya sedang membawa buku di sebelahnya. Miris banget.

Foto murid tidak sopan 3
Ternyata foto kedua itupun belum seberapa jika dibandingkan dengan foto ketiga. Dalam foto yang ketiga si murid yang nampaknya kurang dididik sopan santun ini justru merokok di sebelah gurunya yang sedang membaca buku. Jika diperhatikan, ekspresi muka sang guru terlihat sangat terpukul dan sedih. 

Dilansir dari Info Seputar Makassar nama murid kurang ajar yang mengangkat kaki ke meja di samping guru ini adalah Ilham. Sekolahnya di SMA Toddopulli 6 Makassar. Sedangkan orang yang diduga sebagai guru tersebut bernama Pak Ambo. Masih belum diketahui, foto ini merupakan kejadian asli atau hanya cosplay alias settingan belaka.

Sejumlah netizen menduga bahwa siswa tersebut sengaja menyewa seseorang untuk diajak foto.
"Kalau menurut ilmu psikologi itu bukan guru, seseorang yang disewa sama itu bocah, barangkali penjaga sekolah disana," tulis aang_official90.

Terlepas dari settingan atau bukan, tetap saja foto ini menuai banyak protes dari netizen. Banyak yang menyayangkan aksi dan foto murid SMA yang tidak sopan terhadap gurunya tersebut.
"Wah minta dibully serakyat Indonesia nih, siap-siap ambil kejar paket yak kalo nggak ada sekolah yang mau nerima," tulis juliano_nanno.
"Mau cosplay atau bukan yang ngambil gambar, yang ada di gambar dan yg merencanakan atau ada di sekitarnya itu gagal paham banget jadi orang!" tulis noerintang.

"Itu rekayasa . Kalo guru betulan gk bakal mau digituin. Malah thu anak abis ditonjok gurunya" komentar dari samueldp19.

Namun satu komentar dari lukman_jj di postingan Instagram indozone mengatakan, “Ini foto asli itu guru saya pak Ambo saya baru pindah ke sekolah ini beberapa bulan yang lalu sekolah ini Namanya SMA Ilham makassat” (edit red-anak sekolah ini namanya Ilham, dari Makassar).

Akun instagram rizceaa211 pun menyarankan lukman_jj untuk menandai (tagging) Ilham di media sosial agar bisa dibully sekalian. 

Hingga artikel ini dibuat, murid yang kali ini menjadi incaran dan sedang diburu netizen belum muncul ke publik.

Komentar dari sang_pecintailmu ini bisa menjadi bahan renungan, "Mau asli atau hanya sekedar cosplay itu benar2 suatu tindakan yg tdk sopan dan merupakan tindakan pelecehan terhadap guru serta dunia pendidikan. Harus dikasih hukuman orang yg buat itu"

sedih
Nggak sopan banget ya, coba bayangin kalau guru tersebut adalah orang tua yang paling kamu hormati dan sayangi, tiba-tiba di sekolah justru diperlakukan seperti itu. Kasihan, dan kamu pasti marah.

Baca artikel lainnya juga yuk !







loading...

Artikel Terkait

Bayangkan Kalau Guru Ini Adalah Orang Tua Kamu, Apa yang Akan Kamu Lakukan Pada Siswa yang Kurang Ajar Dalam Foto Ini ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel